Bumil, Skincare Kamu Aman Gak Nih? Cek di Sini, Yuk!

Di kehamilan pertama, 7 tahun yang lalu, saya belum kenal tuh sama yang namanya skincare apalagi makeup. Padahal bisa dibilang kulit saya terpapar matahari, debu, dan polusi setiap harinya karena harus kerja ke kantor naik KRL dan Transjakarta. Dulu sih tahunya cuma pakai bedak sama lipstik aja udah. Terus cuci muka pakai face wash. Belum paham kalau wajib pakai sunscreen setiap hari dan rangkaian perawatan lainnya. Kayaknya dulu juga trend makeup dan skincare belum segencar sekarang. Belum banyak brand baru yang keluarin banyak varian skincare. Saya ingat dulu akhirnya saya mulai belajar pakai dan cari tahu pakai skincare itu di sekitar tahun 2018-2019.

Muka saya dulu memang kusam banget, komedo juga numpuk karena gak pernah exfoliate dan pakai sunscreen, bekas jerawat di mana-mana, bener-bener gak diurus banget. Boro-boro juga ke salon atau klinik kecantikan. Makanya dulu saya gak pede dan gak pernah ngerasa cantik. Suka iri sama teman lain yang mukanya mulus no effort karena emang dari sananya udah bagus aja. Lah saya, PMS aja numbuh jerawat, mens kelar jerawatnya belum sembuh. Bekasnya meradang, noda hitamnya gak bisa hilang, tahu-tahu udah PMS lagi dan numbuh jerawat baru. Oh, hormones, you kill me so well!

Tapi, saya jadi sadar kalau dulu beban pikiran saya gak banyak karena gak mencari produk skincare yang aman atau gak aman buat ibu hamil. Karena ya gak pakai sama sekali hahaha. Sekarang karena udah paham dan pakai rangkaian tertentu, beban pikiran saya jadi nambah karena harus cari tahu lagi kandungan mana yang sebaiknya dihindari selama hamil. Jadi, ada beberapa produk yang harus saya stop penggunaannya. Untungnya, rangkaian produk yang saya pakai gak banyak, jadi gak terlalu pusing juga. Saya udah mulai cari tahu produk yang aman untuk bumil semenjak saya memutuskan untuk menambah anak kedua, kira-kira tahun 2022 akhir, supaya saya bisa adaptasi dulu sama produk pengganti dari sebelum hamil. Yah, walaupun hamilnya baru di awal tahun 2024 yah, hehe.

https://widyasty.com

APA BUMIL WAJIB PAKAI SKINCARE?

Pertanyaan ini sebetulnya jawabannya ya balik lagi aja ke kebutuhan masing-masing orang. Yang bukan bumil pun kan pasti perlu pakai skincare walaupun cuma 1-2 produk aja. FYI yah, face wash yang kita pakai sehari-hari saat mandi itu juga termasuk skincare lho. Jadi pasti kalian tetap pakai skincare meskipun cuma untuk sabun aja. Ditambah lagi kalau habis makeup pasti kita bersihkan wajah pakai cairan pembersih seperti micellar water gitu, itu juga termasuk produk perawatan kulit supaya pembersihan wajah lebih maksimal. Jadi, jangan dikira perempuan yang cantik no effort cuma cuci muka doang dianggap gak pakai skincare atau bahan kimia di wajahnya yaaa hahaha.

Nah, buat yang butuh rangkaian lebih banyak lagi itu, biasanya karena wajahnya punya masalah tertentu, misalnya jerawat atau kulit kering. Ada juga yang punya masalah eksim dan harus kontrol ke SpKK, pakai rangkaian khusus dari dokter supaya gak semakin parah. Nah, kalau ada masalah tertentu dan kebetulan lagi hamil, ada baiknya semua produk yang dipakai harus sesuai saran dokter supaya kita gak salah pilih produk. Jangan tebak-tebak atau asal coba produk sendiri. Kalau gak cocok bikin breakout dan malah susah sembuhinnya lagi. Kecuali kulitmu gak rewel.

RISIKO PENGGUNAAN SKINCARE UNTUK BUMIL DAN BUSUI

Beberapa artikel yang saya baca menyebutkan kalau kandungan skincare yang terserap bisa masuk ke aliran darah dan masuk ke dalam plasenta janin, sehingga memiliki efek buruk untuk pertumbuhan dan perkembangan janin atau menyebabkan cacat janin. Tapi, saya memang gak riset lebih jauh lagi sih ke jurnal-jurnal ilmiah tentang pembahasan ini. Ada baiknya kita tetap berhati-hati karena apapun yang kita konsumsi dan pakai saat hamil memang sedikit banyak akan terserap ke dalam tubuh.

Untuk busui juga perlu hati-hati, selain memilih kandungan dalam produknya, juga harus lebih sadar saat menggunakan produk perawatan di area leher atau dada, karena bisa tersentuk kulit atau mulut bayi saat menggendong atau menyusui. Jadi, bisa dikondisikan juga tuh apalagi kulit bayi kan masih sensitif saat baru lahir.

Selain itu, banyak juga brand skincare yang sudah secara official mengeluarkan pernyataan bahwa beberapa jenis produk mereka tidak disarankan digunakan saat hamil dan menyusui. Jadi, kita bisa lebih aware dan sebaiknya memang gak dipakai dulu sesuai anjurannya. Ada juga produk yang lebih aman digunakan oleh bumil saat trimester 2 seperti misalnya beberapa produknya Scarlett, karena trimester 1 janin masih belum terlalu kuat dan risiko keguguran masih sangat tinggi, sehingga pemakaian skincare dengan kandungan keras bisa memperbesar risiko keguguran juga. So, please please please be careful for everything you consume when you are being a pregnant women or breastfeeding mom 😉


SKINCARE YANG AMAN UNTUK BUMIL DAN BUSUI

Saya gak hapal banyak kandungan skincare yang keras dan gak aman untuk bumil dan busui, tapi beberapa di antaranya sudah pasti sangat dihapal kita semua, seperti misalnya retinol yang biasanya terkandung dalam serum, AHA/BHA yang biasanya ada dalam produk exfoliator, hydroquinone yang biasanya ada dalam produk dengan klaim memutihkan/mencerahkan, dan masih ada juga beberapa kandungan lain seperti merkuri (kayaknya yang ini semua orang udah tahu yah lebih baik dihindari meskipun kita lagi gak hami atau menyusui), minoxidil yang biasanya ada pada serum untuk rambut, juga tretinoin yang biasanya ada dalam produk obat jerawat. Nah, coba mulai cek di produk yang kamu pakai, ada bahan-bahan tersebut gak? Sebaiknya mulai cari substitusinya kalau kamu berencana hamil dalam waktu dekat.

Sekarang, kandungan apa yang aman dong untuk dipakai selama hamil dan menyusui?
Masih banyak kokkk, buuunn. Kamu boleh pakai produk yang mengandung hyaluronic acid, salicylic acid, niacinamide, retinol bisa diganti dengan bakuchiol, juga vitamin C. Kandungan tersebut ada di dalam rangkaian skincare yang masih bisa kita pakai sehari-hari.

Kalau saya baca dari artikel di Halodoc, berikut cara memilih rangkaian produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui:

https://widyasty.com

Nah, sekarang bisa lebih gampang nih pilih produk skincare selama kamu hamil dan menyusui. Kandungan dalam produk tersebut juga biasanya gak terlalu keras jadi aman dipakai sehari-hari, meskipun kamu lagi gak hamil, biasanya untuk yang kulitnya sensitif dan gak kuat pakai bahan aktif yang agak keras. Untuk mereknya bisa cari sendiri sesuai preferensi yaaah hehe.

SKINCARE YANG SAYA GUNAKAN SELAMA HAMIL

Nah, karena rangkaian skincare saya juga gak banyak, mereknya pun tergolong gampang dicari dan ekonomis, jadi bisa dijadikan rekomendasi juga untuk bumil-bumil yang males ribet kayak saya hihi. Ini udah saya pakai dari sebelum hamil. Waktu saya tahu akhirnya saya hamil, saya langsung tanya ke admin official-nya untuk memastikan apakah produk tersebut aman digunakan. Hasilnya semua menjawab aman karena bahan yang digunakan tergolong alami dan teruji secara dermatologis.

Berikut adalah skincare yang saya gunakan sehari-hari. Perlu dicatat bahwa kondisi kulit saya acne prone dan oily yaaa.

https://widyasty.com

Hampir semua produk yang saya pakai tuh bisa dibeli di minimarket, jadi kalau pas kebetulan lagi belanja ya bisa sekalian ambil produk itu, kecuali True to Skin yang masih musti beli online. Kalau Numa Skin itu baru sekali pakai karena dikasih sama adik ipar, belum habis dan belum tahu akan repurchase atau gak. Soalnya lebih sering lupa pakai jadi gak rutin setiap malam saya pakai ehehehe. Tapi so far cocok aja sih dan gak bikin kulit saya iritasi, jadi saya teruskan pakai sampai sekarang.

Sejujurnya saya gak terlalu rajin pakai skincare, makanya rangkaiannya pun sedikit dan sesuai sama kebutuhan aja. Gak melulu nyoba atau beli produk yang baru launching atau lagi hits dipakai sama semua orang. Ditambah waktu trimester 1 saya mabok parah, gak bisa cium aroma apapun, berujung jarang mandi apalagi pakai skincare. Keburu mabok duluan wkwk.

Yep, jujur aja waktu trimester 1 saya mandi 3 hari sekali, jadi pakai skincare-nya pun setelah mandi doang wkwkwk. Kebayang gak sih muka saya kusam, berminyak, dan komedo numpuk banget? 😂 Masuk kamar mandi tuh mentok sikat gigi dan cuci muka buru-buru, karena gak tahan sama bau kamar mandi, bau sabun dan sampo, dan bahkan bau airnya juga (padahal gak berbau juga). Untungnya skincare saya juga gak banyak yang beraroma gitu jadi yaudah paling mentok habis mandi cuma pakai toner dan sunscreen aja, bahkan kadang skip pelembap. Baru akhirnya di trimester 2 lebih aman dan bisa adaptasi, jadi mandinya gak jarang lagi hahaha.

Nah, semoga teman-teman yang lagi merencanakan kehamilan, atau lagi hamil atau menyusui bisa terbantu dan gak bingung lagi yah untuk cari skincare yang aman dipakai. Bijak konsumsi produk pilihan sesuai kebutuhan dan keamanan supaya tubuh kita juga bisa dapat manfaatnya dan menghindari efek buruknya yahh 🤗

Next mau tahu rekomendasi apa lagi nih? Mungkin ada yang butuh bodycare, suplemen kehamilan, atau barang yang dibutuhkan saat hamil? Komen yaaaa! 😉

Share:

12 comments

  1. Makasih kak infonya, sangat bermanfaat untuk para wanita. Penting ini untuk lakukan treatment...


    Newsartstory

    ReplyDelete
  2. Benar kak! memang untuk Ibu Hamil ini perlu ekstra hati-hati dalam memilih produk skincare. Apalagi jika produknya bisa terus belanjut aman hingga menyusui seperti yang diulas di blog ini, pasti jadi referensi kan?

    ReplyDelete
  3. Bumil & Busui memang harus ekstra hati-hati ya...tdk hanya asupan gizi yg dijaga, penggunaan obat-obatan termasuk kosmetik dan skincare pun mesti pilih-pilih yg benar-benar aman. Terima kasih sharing pengalamannya ya..

    ReplyDelete
  4. Masyaallah sampai dibuatin list produk yang boleh dipakai bumil atau busui senangnya....gini kan jadi memudahkan pembaca terutama bumil dan busui

    ReplyDelete
  5. jadi ingat waktu hamil anak pertama dulu juga nggak berani pakai skincare karena takut kandungannya berbahaya buat ibu hamil. kalau sekarang alhamdulillah sudah banyak ya skincare khusus ibu hamil jadinya bisa tetap skincare-an deh walau lagi hamil

    ReplyDelete
  6. Ternyata sepengaruh itu ya skincare ke janin atau baby. Meskipun kebetulan saat hamil tidak pernah skincare, tapi bisa buat berjaga2 lebih aware karena sekarang saya mulai banyak menggunakan perawatan kulit.

    ReplyDelete
  7. Nah, bener nih. Bumil dan busui memang harus hati² pakai skincare. Cari yang aman aja lah

    ReplyDelete
  8. Aku pas hamil jarang bahkan hampir nggak pernah skincare an. Inj sekarang lagi menyusui mulai deh hunting skincare lagi. Pengen nyenengin diri sendiri.

    ReplyDelete
  9. lengkap dan detail, ini bisa jadi rekomendasi buat para bunda-bunda yang sedang menyambut calon jabang bayinya, walaupun hamil tetap perhatian juga sama hak-hak seluruh tubuhnya ya bunda

    ReplyDelete
  10. Buat bumil dan busui memang perlu teliti ya dalam memilih skincare terutama kandugannya, harus yang memang aman dan gak punya efek samping.
    Dan hal ini jadi perhatian juga sih buat yang ingin memberikan kado produk kepada bumil dan busui ya kak

    ReplyDelete
  11. Emang harus hati2 ya kalau lagi hamil mau pakai skincare harus skincare yang emng kandungannya aman untuk bumil supaya gk bahayakan janinnya

    ReplyDelete
  12. Sehatsehat selalu yaa, ka..
    Ikut senang dengan masa-masa kehamilannya yang uda memasuki trimester kedua.
    Sebenernya kalau gak mau brand random dari skincare, ada brand-brand khusus bumil busui yang kini uda mulai banyak beredar yaa.. Tapi memang kembali lagi ke adaptasi alias cocok-cocokan.

    ReplyDelete

Thank you for meeting me here! Hope you will be back soon and let us connect each other 😉