Penuhi Nutrisi Bumil Saat Morning Sickness

Waktu awal tahu bahwa saya akhirnya hamil, saya kaget dan hampir gak percaya. Soalnya setelah hampir dua tahun diusahakan dan belum berhasil, saya udah pasrah banget. Gak mau terlalu memaksakan juga, dan lagi gak dalam proses mengusahakan kayak tahun lalu. Bener-bener di"plong"in aja gitu. Hamil ya alhamdulillah, gak hamil yaudah gapapa ehehe. Eh, gak tahunya malah berhasil gitu. Bahkan hasil testpack pertama yang agak samar itu gak bikin saya percaya awalnya, tapi setelah diulang lagi dan tetap ada dua garis, baru saya percaya kalau ini benar-benar hamil.

Baca dulu deh cerita excitement saya waktu tahu akhirnya jadi bumil lagi kedua kalinya.

TRIMESTER PERTAMA: MASA TERBERAT BUMIL

Yap, gak mungkin semua orang gak setuju, kalau trimester pertama itu benar-benar berat. Meskipun morning sickness orang beda-beda ya, ada yang ringan dan ada juga yang berat, tapi yang dirasa badan itu gak nyaman semua. Hampir semua symptoms gak enak mulai muncul; pusing, mual, muntah, mulut pahit dan kering banget, lemas, jerawatan, perut kembung, bahkan sampai susah BAB.

Meskipun semua gejala itu muncul dan bikin gak nyaman, kita tetap bisa mengurangi gejalanya sedikit-sedikit, walaupun tetap bakal kita rasain lagi sih ya bun, yaaa paling nggak 3-4 bulan pertama lah wkwk. Misalnya, tetap istirahat dan tidur yang cukup, jangan telalu kecapean dulu (13 minggu pertama bumil rawan keguguran), makan makanan yang cukup gizi, dan penuhi cairan 2 liter per hari. Ini sebetulnya yang susah karena tiap mual pasti gak akan nafsu makan kan yaa, tapi tetap harus masukin asupan walaupun jumlahnya sedikit.

KEBUTUHAN NUTRISI YANG PENTING UNTUK IBU HAMIL

Salah satu nutrisi penting yang wajib dipenuhi sama ibu hamil itu asam folat, pasti semua perempuan tahu ini. Bahkan, dari sebelum hamil atau saat melakukan program hamil, perempuan disarankan untuk mengonsumsi asam folat juga yang penting untuk perkembangan janin dan menghindari risiko bayi cacat tabung saraf. Makanan yang tinggi kandungan asam folat adalah sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam, juga buah alpukat. Selain asam folat, masih banyak lagi nutrisi yang dibutuhkan selama hamil, seperti:

✔️ Zat besi. Saat hamil, kebutuhan zat besi meningkat dan dibutuhkan 27mg per hari, untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur dan berat badan rendah. Zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti hati ayam, daging tanpa lemak, ikan, tahu, telur, dan kacang-kacangan.
✔️ Kalsium. Bumil butuh 1200mg asupan kalsium per hari, yang berguna untuk perkembangan tulang dan gigi ibu dan janin, dan mencegah ibu hamil terkena osteoporosis karena kekurangan kalsium. Bumil bisa mengonsumsi susu, yogurt, salmon, kangkung, dan sayuran hijau lainnya.
✔️ Vitamin dan serat. Asupan ini bisa didapat dari banyak sayur dan buah-buahan. Setiap harinya, usahakan bumil makan buah yang kaya akan serat karena bisa melancarkan BAB dan menghindari sembelit selama kehamilan. Selain dari buah, biasanya suplemen kehamilan sudah mengandung multivitamin yang dibutuhkan, yang bisa diresepkan oleh bidan, obsgyn, atau bisa dibeli sendiri.

Saya juga banyak baca artikel di Parenting Firstcry, bahwa serat yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya adalah sebanyak 25-30gram, yang tak hanya baik unttuk melancarkan pencernaan, tetapi juga untuk menjaga kadar gula darah dan mengontrol berat badan ibu hamil.

Masih banyak lagi nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan bumil, seperti DHA, lemak, kolin, zinc, dan lain-lain. Makanya, bumil harus rajin kontrol selama masa kehamilan supaya tahu apa saja yang dibutuhkan tubuh serta dosis/takarannya sesuai hasil pemeriksaan di fasilitas kesehatan.

https://widyasty.com

CARA PENUHI ASUPAN HARIAN MESKIPUN DISERANG MORNING SICKNESS

Saat saya konsultasi dengan ahli gizi di trimester pertama kehamilan, ibu hamil wajar merasakan gak nafsu makan karena selalu merasa mual muntah, tapi tetap harus jaga asupan demi pertumbuhan janin, karena masa-masa awal kehamilan kan janin lagi sibuk bertumbuh dan membentuk banyak organ penting. Usahakan tetap penuhi kebutuhan karbohidrat, yang gak harus bersumber dari nasi tapi bisa juga diganti dengan ubi, singkong, jagung, atau roti-rotian.

Protein hewani juga sangat dianjurkan karena sangat penting untuk mencegah stunting, minimal dua telur per hari, daging ayam, juga hati ayam. Untuk saya pribadi, saya juga butuh banget asupan serat karena punya masalah pencernaan dan sembelit, jadi asupan serat pun gak luput dari perhatian saya.

Salah satu cara saya agar bisa tetap mendapatkan asupan serat adalah membeli camilan kacang-kacangan atau multigrain, dan makan 2-3 porsi buah setiap harinya. Saat lagi gak nafsu makan, saya tetap bisa ngemil dengan enjoy asal camilannya sehat, punya kandungan serat yang dibutuhkan, dan rasanya enak. Salah satunya minuman sereal multigrain Hotto Purto, yang baru pertama kali saya cobain.

CAMILAN ENAK BUAT BUMIL

Awal tahu ada minuman multigrain Hotto itu karena terpapar ads-nya di media sosial, terus warnanya ungu cantik banget, yang ternyata akhirnya saya tahu kalau kandungan dan rasanya itu ya dari ubi ungu. That's my favorite! Makin penasaran dooong pengen cobaa hehe. Akhirnya, saya cobain rutin minum Hotto setiap hari selama seminggu, berharap pencernaan saya bisa lebih lancar dan yaa lumayan deh punya camilan harian yang rasanya enak.

Kenapa saya bisa sebut Hotto itu camilan? Soalnya selain cara seduhnya yang kayak bikin minuman sereal, Hotto juga bisa dibikin jadi kayak bubur gitu kalau airnya sedikit. Jadi, yaa bisa jadi menu sarapan juga dengan porsi kecil, apalagi buat yang gak bisa sarapan pakai menu berat atau porsi banyak, Hotto ini cukup lah. Surprisingly, rasanya kayak lagi makan bubur bayi haha, enakkk. Masih ada tekstur kacang dan biji-bijiannya juga. Biandul aja doyan bangettt jadi kita suka sarapan Hotto bareng tiap pagi. Tapi jadinya satu pouch Hotto jadi cepat habis karena sering diminta juga sama Biandul 😌

MANFAAT DAN KANDUNGAN HOTTO UNTUK BUMIL

Sebenarnya ini bukan minuman khusus ibu hamil, tapi memang sangat aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, aman juga untuk anak umur 7 tahun, asal gak ada alergi sama kacang-kacangan dan dikonsumsi dalam jumlah kecil dulu, mengingat kebutuhan serat anak kan lebih sedikit ya dari orang dewasa apalagi ibu hamil dan menyusui. Kandungan multigrain-nya tuh ternyata banyak banget, jadi bisa melengkapi kebutuhan protein dan serat untuk ibu hamil. Selain itu, ada juga kandungan multivitamin dan mineral, juga prebiotik inulin.

https://widyasty.com

Selain melancarkan pencernaan, kandungan dalam secangkir Hotto ini juga bermanfaat untuk orang-orang yang lagi diet karena bantu kontrol nafsu makan, juga diklaim bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, dan kalau yang sering disebut-sebut di media sosialnya sih katanya bisa meringankan gejala gerd. Nah, cocok nih buat yang asam lambungnya suka bermasalah. Boleh coba konsumsi Hotto dulu setiap hari, siapa tahu cocok dan malah jadi camilan favorit juga! ☺️

Ets, tapi tentu harus diimbangi juga ya dengan pola hidup sehat, konsumsi pangan rendah lemak dan kolesterol, karena Hotto kan bukan buat nyembuhin penyakit gerd. Jadi kalau pola makan kamu juga masih sembarangan, sayang aja gitu loh badannya makin gak sehat huhu.

CARA ENAK NIKMATIN SECANGKIR HOTTO

Dalam satu pouch Hotto, ada 16 sachet, masing-masing 30gr. Pas banget menurut saya porsinya, tapi tetep ngenyangin. Mungkin karena kandungannya padat sama grain dan ada oat-nya juga yah. Saran penyajiannya sih cukup gampang, cuma tinggal tambahin air panas aja sesuai tekstur yang disuka. Waktu awal saya bikin dibuat jadi minuman gitu, enak banget.

Tapi terus saya pernah lihat ada yang dibikin jadi bubur juga, saya cobain deh kasih airnya lebih sedikit supaya teksturnya  kental, eh malah lebih doyan sama tekstur bubur gini hihi, Biandul pun sama selalu minta diseduh jadi bubur kental gitu buat sarapan. Jadi, udah paling simple banget deh nikmatin Hotto setiap hari di rumah.

https://widyasty.com

Meskipun menurut saya harganya masih agak pricey, yaitu Rp335,000/pouch, tapi kalau ternyata cocok dan manfaatnya kerasa nyata di tubuh, why not? Anggap aja jajanan sehat, supaya kita juga jadi lebih mikir ratusan kali dulu buat jajan makanan gak sehat lainnya yang harganya juga gak murah hehe. Dalam satu sachet Hotto pun kita udah dapat banyak kandungan sekaligus, gak perlu beli satu-satu dan diolah pakai cara yang susah.

Sophia Latjuba aja approved, masa kamu enggak? Yuk deh mulai cobain Hotto juga sekarang. Kamu bisa beli di marketplace Hotto Purto Multigrain, biasanya suka ada diskon juga tuh, jadi lebih murah. Kalau beli satu pouch dirasa kebanyakan atau kemahalan, ada juga loh paket satuan yang dijual mulai dari per 3 sachet. Admin di media sosialnya juga komunikatif banget kalau ditanya-tanya bisa jawab concern kita dan balesnya gercep. Seneng deh sama admin yang fast response gitu, karena bisa bantu kita juga dapetin informasi sebelum kita konsumsi produknya.

Yang udah pernah coba atau abis baca review ini langsung pengen beli, jangan lupa komen ya, gimana rasanya setelah konsumsi Hotto menurut kamu? 😉

Share:

20 comments

  1. Morning sick perlu disembuhkan secepatnya. Walaupun gak semua orang enggan ke rumah sakit melainkan membeli obatnya saja.



    Newsartstory

    ReplyDelete
  2. Waah dapat pasti senengnya luar biasa dong ya setelah tahu ternyata hamil. Pastinya harus terus terjaga agar kakaknya dan si kecil dalam kandungan tetap sehat. Yaa... salah satunya dengan asupan yang sehat seperti diulas di blog ini. Tetap sehat dan semangat, kak Widyasty!

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk yang gak bisa makan di masa trimester pertama. Hampir semua makanan nggak masuk. Terutama yang digoreng, atau diolah dengan minyak. Termasuk oseng-osengan.

    Kalau mau masuk dan benar-benar tertelan, saya harus makan makanan yang dikukus. Walau tidak enak di lidah, yang penting bayi dalam kandungan sehat dan badan saya juga fit.

    Sayangnya dulu pas hamil belum kenal cemilan dari Hotto ini. Pasti suka nih kalau lagi hamil makan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih malah enak sehat dong kakk makan yang dikukus daripada goreng hehehe. Aku juga kemarin muntah terus jadi asupan kurang banget. Rasanya 3 bulan pertama tuh lamaaaa banget krn tersiksa morning sickness huhu

      Delete
  4. Mba, terima kasih sharing pengalamandan tipsnya ya.. Pas banget nih ada kerabat lagi hamil awal, bisa kuteruskan info ini..

    ReplyDelete
  5. trimester pertama kehamilan itu memang kadang terasa berat banget terutama kalau yang maboknya parah sampai nggak bisa makan gitu. hotto ini kayaknya juga bisa jadi pilihan nih buat ibu hamil yang kesulitan makan saat trimester pertama

    ReplyDelete
  6. Ngebantu banget ya Hotto ini untuk jadi asupan nutrisi para bumil, secara emang gak enak banget kalau lagi ngalamin morning sickness tuh. makan muntah, makan muntah duh lemes rasanya

    ReplyDelete
  7. Unik banget minuman rasa ubi ungu, saya pertama kali lihat. Tapi kalau Sophia latjuba aja approved, cewek2 yang body goalsnya sophia, mungkin udah gak ragu2 lagu tuk beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemilihan BA sengaruh itu ya Kak hihihi. Tapi emang lifestyle-nya Sophia Latjuba juga kan emang yang sehat bgt gituu jadi pasti dia juga pilih2 produk untuk jadi BA

      Delete
  8. Wah jadi inget pas hamil dulu... If only tahu produk ini dari dulu, mungkin kehamilanku bisa lebih aman

    ReplyDelete
  9. Hotto ini berarti bisa jadi asupan untuk bumil yang sulit makan ya di masa kehamilan. Setuju sih kak, walau agak pricey, tapi kalau bisa mencukupi aneka kebutuhan vitamin dan zat penting di masa-masa hamil, kenapa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, sayangnya agak pricey, jadi mungkin akan butuh pertimbangan banyak buat beli. Tapi kalau udah nyetok kan uangnya jadi gabisa buat jajan yang gak sehat ya hehe

      Delete
  10. Minum hotto saat cuaca dingin begini sepertinya cocok banget nih. Apalagi sehat untuk ibu hamil.
    Btw selamat ya akhirnya dikabulkan doanya untuk hamil lagi
    Saya masih menanti nih meski usia sudah terus bertambah tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kakk, semoga segera menyusul yaaa 🤗 aamiinnn

      Delete
  11. Wah asupan nutrisi buat bumil seenak ini mah gk hamilpun juga mau konsumsinya pastinya penuh dengan nutrisi baik bkin pencernaan juga sehat

    ReplyDelete
  12. Camilan sehat untuk bumils..
    Seneng banget dapet rekomendasi. Karena buat bumils yang ujian ga bisa makan di trimester pertama, masuknya kudu dikit-dikit dan yang rasa serta baunya gak terlalu dominan. Hotto bisa jadi pilihan terbaik untuk ibu hamil.

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk yang waktu hamil muda susah banget makan. Picky banget gitu lo. Dan ternyata itu nggak baik. Aku jadi turun BB. Jadi overthinking. Nyesel nggak memaksakan diri untuk memenuhi nutrisi.

    ReplyDelete
  14. wah kebetulan banget nih saya juga lagi hamil, hehe. sering liat iklan hotto seliweran, ternyata sebagus itu juga ya buat ibu hamil dan janinnya juga tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakkk kamu udah berapa week? Selamat yaaaa hihi. Semoga kita sehat dan lancar persalinannya 🤗

      Delete

Thank you for meeting me here! Hope you will be back soon and let us connect each other 😉